Sabtu, 19 Oktober 2013

Amazing Trip Singapore With Garuda Indonesia


             Gue pengen cerita nih tentang pengalaman gue pas first time trip to Singapore naik Garuda Indonesia. Pengalaman pertama memang paling mengundang penasaran yang ga karuan. Rasa takut begini begitu,rasa pengen begini begitu, dan rasa – rasaan laen yang begono begini bikin pengalaman pertama sangat berharga. Nyatanya banyak dari yang kita takutkan itu ga pernah terjadi, karena yang gue tau dari pengalaman kemaren luar negeri memang cukup luar biasa menyenangkan. 1% fun 99% amazing moment.

 Awalnya ga kepikiran kalo sampe bisa melancong ke luar negeri, tapi yang namanya dimana ada niat selalu ada jalan ternyata bukan cuma omongan belaka. Pas bulan mei kemaren mendadak rasanya pengen bisa melancong ke Singapore, pengen ngeliat dunia luar selain Indonesia. Dimana yang kata temen - temen “ Singapore itu begini, begitu, bagus lho, hahahaha….. “ dan yang terucap dari bibir gue hanya “ wah iya tah? Hahahhaha… “ miris sekali rasanya kalo inget – inget.

Setelah berfikir matang – matang akhirnya tekadpun terkumpul . Awalnya ud fix untuk berangkat sendirian, dalam hati “ ah nekat aje, mumpung masih muda “. Eh ternyata pucuk di cinta kawanpun menyeruduk, ternyata pas cerita kalo gue udah bertekad pengen ke Singapore ada temen mau join. Betapa senengnya berasa ga kayak anak ilang deh ntar di Singapore ( dalem hati )…hehehe…

Dan dengan sesegera mungkin langsung mencari tiket pesawat untuk berangkat ke Singapore via Surabaya. Awalnya bingung untuk mencari maskapai apa yang paling cocok untuk pelancong yang baru – baru kaya kita ini. Coba tanya – tanya temen yang tadi cerita tentang “ Singapore begini, begono, bagus lho,hahahaha.. “ dia saranin untuk naek Garuda Indonesia aja karena udah terpercaya dan ga pernah ada kasus. Kalo dipikir – pikir benar juga kata temen gue, emang Garuda Indonesia udah terjamin kualitasnya, ga pernah ada kabar buruk dari maskapai ini dalam hal waktu, pelayanan, ataupun yang pesawat ngesot dan hal ngeri laennya. Akhirnya fix untuk mengambil Garuda Indonesia karena sayang nyawa sih alasan utamanya.

Saat mau pesen tiket pesawat tiba – tiba ada masalah yang tak terfikirkan karena saling menggebu – gebu pengen berangkat yaitu PASPOR. Akhirnya buru –buru deh bikin paspor, untuk pengurusan paspor ini singkat aja ya. Paspor untuk Surabaya bikinnya di deketnya Terminal Bungurasih daerah waru sana. Waktu selesainya lumayan cepet sih dari pengalaman kemaren cuma 1 minggu bisa langsung jadi biayanya all in Rp. 300.000 an lah itu udah sama bensin buat bolak balik.Setelah paspor beres langsung pesen tiket buat ke Singapore deh, untuk penerbangan pake Garuda kita pesen tiketnya lewat online, cukup pilih menu – menunya kayak tanggal, tujuan, dan sebagainya tinggal isi dan next sampe selesai. Setelah itu kita bisa bayar pake kartu debet kita, praktis banget dah pokoknya.


Hari yang ditunggu-tunggupun tiba, saat itu kita berangkat lewat bandara juanda. Seperti pelancong baru biasanya, rasa bingung setiap langkah selalu membayangi. Tapi kuncinya kita ga perlu banyak mikir, kalo ga tau langsung tanya aja sama petugas – petugas yang ada dimanapun saat kita di Indonesia ataupun di Singapore. Waktu itu kita sampai ke bandara 2 jam sebelum keberangkatan. Menuju masuk bandara internasional, nanti kita dicek boarding pass sama petugas. Boarding pass kita dapet dari pembelian lewat website dan jangan lupa check in via website sebelumnya biar bisa cetak boarding pass. Karena waktu itu kita ga pake bawa koper dan ga perlu pake bagasi jadi kita lewati saja counter bagasi check in, kita langsung menuju ke counter garuda buat nungguin penerbangan kita. Sebelum masuk counter garuda yang didalam kita akan melewati pemeriksaan imigrasi. Saat pemeriksaan imigrasi kita bakal sedikit ditanya – tanya mungkin untuk keamanan kali ya? Tapi kalo gue ga ditanyain sama sekali kayak temen gue sih, karena gue rasa muka gue ga kayak teroris ato koruptor yang mau melarikan diri kali ya??hehe..Kalo temen gue ditanyai beberapa pertanyaan seperti :
  •     Ada keperluan apa ke Singapore? Liburan.
  •     Mau nginep dimana nantinya ? Sebutin hotel mana gitu kek. Waktu itu gue nginep hotel apa gitu.
  •     Berapa hari?? 4 hari.
  •     Dan pertanyaan – pertanyaan macam gitu lah, yang sepele pokoknya..
             Jadi santai aja ya pas lewat imigrasi, ga perlu tegang gitu.. keep cool man..Setelah itu juga barang bawaan  kita bakal di taruh di alat kayak escalator kecil buat discan X-ray gitu buat deteksi barang – barang berbahaya  dan satu hal diantara banyak hal yang gue tau, dilarang untuk bawa cairan kayak minuman. Botol minum aja boleh sih asal ga ada cairannya.

             Setelah melewati imigrasi kita tinggal nunggu untuk penerbangan kita diumumin lewat “ halo – halo “ yang ada di deket – deket situ. Saran gue jangan jauh – jauh ama counter garudanya biar kedengeran dan ga ditinggal nantinya. Soalnya miris banget nanti, udah pengalaman pertama, eh ditinggal pesawat..Amsong dah…
             Kalo udah di “ halo – halo “ bahwa penerbangan kita udah siap langsung deh kita baris buat menuju ke pesawat. Abis masuk ke pesawat kita akan dikasi kartu imigrasi yang buat diisi, nantinya setengah potongan dari kartu imigrasi itu bakal kita simpen dan jangan sampai hilang soalnya kalo ilang bisa ga balik ke Indonesia kita. Kalo ga tau cara ngisinya coba tanya pramugarinya aja, and kalo salah ngisi jangan sungkan buat minta lagi, pasti dikasih kok. Contoh kartu imigrasinya seperti ini dan sedikit cara ngisinya :



           Setelah beres ngisi semuanya bisa tinggal nunggu sampe chang-I di Singapore nanti. Saat di pesawat ternyata tidak salah gue pilih garuda karena pelayanannya oke banget, ramah dan professional. Selain itu fasilitas yang ada di pesawat lengkap banget, tempat duduk juga nyaman bersih. Tidak lupa sebagai lelaki tulen yaitu mbak pramugarinya cakep – cakep bro, hehe… ( skip ).
Setelah sampe langsung deh santai – santai dulu di sana. Jangan kaget ya pas nanti di chang-I karena pas di situ sangat jauh berbeda dari bandara yang ada di indonesa.



















         Disana bandaranya luar biasa banget, maklum baru pertama kali nginjek. Fasilitasnya banyak banget, dan rata – rata gratis, contohnya seperti alat pijet kaki, air minum, rest area kayak tempat tidur, foto tree dan sebagainya dah. Pas di Singapore jangan lupa untuk ngambil buku panduan changi dan peta Singapore yang disediakan di setiap sudut bandara. Ambil aja gratis dan saran saya bawa 2 biar ada cadangan soalnya repot juga kalo peta kita ilang jadi ga tau mau kemana ntar. Saat itu gue sempetin makan di bandara, nyobain apaan yang baru gitu. Disana rata – rata makan harganya SGD 5 – 15 , gue pesen yang biasa aja dah yang penting bikin ngiler. Akhirnya gue pesen bebek panggang, rasanya lumayan lah tapi tetep aja mantepan masakan nyokap. Setelah kenyang makan disana langsung keluar dari bandara buat kekotanya. 



Untuk bisa keluar dari bandara nanti kita di cek imigrasi Singapore lagi, pertanyaannya g beda jauh si sama di imigrasi Indonesia cuma tinggal translate ke inggris gitu aje. Setelah  beres langsung aja deh go to the city, kita bisa pake 3 transportasi yang ditawarkan yaitu taksi, bus, ato MRT. Otomatis donk kalo gue mah cari yang ga ada di Indonesia yaitu MRT. Untuk MRT ini oke banget menurut gue, ga perlu nunggu lebih dari 5 menit untuk bisa naek dan menuju tempat yang kita inginkan. Untuk bisa naek MRT kita musti beli tiket yang modelnya kayak kartu atm tipis biasa dari kertas. Itu belinya di mesin penjual tiket otomatis, tinggal cemplungin uang trus pilih tujuan, beres deh.  Tapi ada juga yang kayak atm persis dari plastik, itu buat yang mau naik MRT modelnya deposit kayak kartu yang biasanya di timezone ( mau maen saldo dikurangi, kalo itu mau naek MRT kemana gitu saldo dikurangi ). Tarif tiap kali naek MRT berbeda tergantung jauh ngganya tujuan kita, tapi rata sekitar SGD 1,5 – 2 .  Untuk penggunaannya nanti tinggal tempelin ke mesin pager saat mau masuk ke stasiunnya.


        Gue naek MRT tujuan ke pusat kota pokoknya, kalo ga salah sih ke raffles place. Sesampainya di kotanya langsung deh menikmati suasana kota yang super sibuk, soalnya gue kesana pas bukan liburan orang sana tapi pas liburan kuliah gue. Tapi buat gue disana tempatnya mantep bener mulai bersih, seger, adem, tentrem dan sebagainya. Tapi ada juga yang kurang bagus menurut gua yaitu orangnya, rata – rata agak kurang peduli satu sama lain gitu deh. Kayak hidup sendiri modelnya ga ada temen ato sorada gitu soalnya ga ada yang saling nyapa ato ngumpul bareng kalo kita biasanya cangkruan bareng. KEEP LOVE INDONESIA dah berati.

           Langsung masuk ke tempat –tempatnya nih, yang kemaren gua kunjungin banyak banget mulai patung merlion, garden by the bay, semua macem plaza dan yang paling penting nih yaitu Universal Studio. Pengalaman ke tempat – tempatnya menarik banget, kata yang cocok untuk nggambarin semuanya Cuma ‘ WAH ‘. Kalo mau cerita tentang tempanya kepanjangan keknya biar gambar aja deh yang berbicara, biar kalian juga ngiler pengan kesana buat yang belum kesana. Hehe..
Nih pas gue baru nyampe ke kotanya,  pemandangan merlion sama marina baynya oke punya bro..

                                                  Nih Marina Bay pas Malem










Nih Deket Marina Bay pas Siang

            
                       

                                   Nih Pas Di Universal Studio





                   Untuk masuk di Universal Studio kita musti beli tiketnya dulu seharga SGD 74 kalo di counter resminya. Tapi dari pengalaman kemaren saran saya jangan beli di counter resminya, beli aja waktu di indonesia di agen travel mana aja yang agan percayai dan namanya udah gede. Bisa lebih murah SGD 10, atau kalo ngga bisa cari di agen travel di Singapore. Banyak yang jualan juga dan kalo beli di Singapore bedanya juga SGD 10 jadi sekitar SGD 62 - 64 dan yang pasti kalo beli di agen travel Singapore pasti terpercaya.
           
                   Waktu pas mau masuk Universal Studio dulu kita ketemu sama orang Indonesia juga, orangnya lucu banget jadi awalnya kita dikira orang thailand gitu sama dia, tapi akhirnya dia tau kita orang Indonesia gara  - gara pas gue lagi antri wahana transformer gue ngomong " Antrinya panjang bener " disauhutin sama dia " iye bang ". Akhirnya bareng - bareng deh kita biar agak rame gitu, tu orang yang baju belang merah abu - abu yang paling antik, gayanya oke punya pas diphoto.







                   Ni yang jangan sampe dilewati yaitu ice cream harga SGD 1 , ini yang sering dibahas di semua acara liburan ke singapore. Tapi ga salah juga karena ini ice cream udah murah rasanya mantep bener. Rasa ice creamnya ada banyak mulai coklat sampe durian juga ada. Lokasinya ini di bugis street.

                                       Nih Pas Di Garden by the bay








         Sedikit cerita untuk garden bay the bay, kalo mau ke tempat ini gue saranin pas malem aja bro..Soalnya kalo siang ni tempat biasa aja kliatanya, klo malem baru luar biasa..Di garden by the bay ada restorannya juga di dalem tower- tower nya itu, belum sempet nyobain karena tutup kemaren pas gue dateng. Di atas towernya itu ada seperti jembatan yang saling menghubungkan antar towernya, kita bisa naek ke jembatan itu bayar SGD 5  kalo ga salah buat naek. Lokasi Garden by the bay di belakangnya marina bay, jadi kita bisa masuk lewat mall marina bay terusin aja ampe bagian belakanya marina bay.               
              
              Trip kemaren sangat mengesankan, modal buat berangkat juga terjangkau sekitar 4 juta udah hidup enak disana soalnya pake hotel, kalo mau lebih ngirit bisa pake hostel biar neken harga. Bisa hemat sampe 3 juta aja all in, kemaren gua 4 juta bisa :

1. Nginep hotel 3 hari.
2. Makan 9 kali rata - rata SGD 5.
3. Beli oleh - oleh macem - macem.
4. Tiket pesawat Garuda Indonesia PP.
5. Naek MRT bolak balik lupa ngitung.
6. Masuk wahana macem - macem.
7. Udah sampe tempat mana aja di Singapore.

             Semuanya dah pokoknya bersih total 4 juta, klo nginepnya ganti hostel dan ga pake pasuk Universal Studio paling 2 - 3 juta aja. Puas banget setelah ngunjungin tempat - tempat yang ada di singapore, rasanya 4 hari masih belum cukup. Mungkin bisa kesana lagi buat hunting tempat yang bagus lainnya, soalnya sayang dulu cuma bawa kamera poket jadi hasilnya kurang mantep. Kesempatan kedepan SLR udah siap ditangan neh,hehe..

Buat yang pengen liat Singapore lebih banyak bisa liat di galery gue..

Sekian dulu buat kali ini..Salam Super..
           

1 komentar: